Home / Ruang Laboratorium

Ruang Laboratorium

Laboratorium Biologi

Laboratorium BiologiLaboratorium biologi SMA Unggulan CT Foundation memiliki koleksi peralatan dan alat peraga yang lengkap. Mikroskop untuk biologi mulekular lengkap dengan preparat, panci dan peralatan bedah, respirometer, terarium,  dan banyak alat peraga semisal torso, rangka manusia lengkap dan poster-poster.

Selain itu, laboratorium biologi ini juga dilengkapi dengan banyak spesimen awetan yang semuanya dibuat oleh siswa, dari mulai ikan, serangga, udang-udangan bahkan reptil dan yang paling besar adalah spesimen awetan ular sanca dengan panjang 3 meter.

Untuk memberikan kenyamanan kepada siswa, laboratorium yang berada di gedung Kenanga ini dilengkapi dengan air conditioner, water sink dan exaust fan.

 

Laboratorium Kimia

Laboratorium KimiaLaboratorium ini juga memiliki peralatan yang lengkap, dari mulai tabung reaksi hingga pH meter.

Laboratorium kimia dikelola oleh seorang laboran yang bertanggung jawab atas peralatan, penyediaan bahan praktikum dan juga pengelolaan lab secara administratif.

Selain siswa-siswi mempunyai jadwal masuk rutin sesuai roster sekolah, beberapa dari mereka yang tergabung dalam kelompok riset dan olimpiade juga mempunyai jadwal masuk tiap sore dan Sabtu.

Sebelum masuk lab, siswa-siswi diwajibkan untuk menggunakan jas praktikum. Bererapa siswa yang melakukan praktikum reaksi juga diwajibkan mengenakan sarung tangan dan masker. Hal ini untuk menjaga keselamatan mereka, disamping lab juga dilengkapi dengan tabung pemadam kebakaran dan water sink di masing-masing meja praktikum.

 

Laboratorium Fisika

Laboratorium FisikaLaboratorium memiliki peralatan yang tidak kalah lengkapnya. Sekolah selalu berusaha memenuhi semua aspek pengelolaan dan peralatan sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan oleh dinas pendidikan nasional.

Alat difusi, konduksi, muai dan resonansi dimiliki oleh lab ini, juga amperemeter, beban bergantung, pegas, alat ukur, bejana kapiler, catu daya, garputala dan lain sebagainya.

Koleksi beberapa robot rakitan siswa juga melengkapi lab ini, begitu juga dua torpedo propoler yang pernah diikutkan siswa dalam ajang lomba di ITB.

Laboratorium Komputer

Laboratorium KomputerLaboratorium komputer dilengkapi dengan 25 laptop sumbangan dari PT. Mega Capital Investama. Semuanya terkoneksi ke jaringan internet yang memungkinkan bagi seluruh siswa dapat mengakses perpustakaan digital, internet secara instan.

Selain digunakan sebagai kelas TIK, laboratorium ini juga dimanfaatkan siswa-siswi untuk mengerjakan tugas sekolah di sore dan malam hari.

Beberapa kompetensi dasar IT menjadi target dari pengelolaan lab ini. Beberapa program dasar teknologi informasi meliputi aplikasi perkantoran, desain grafis, video editing, web development, internet marketing dan bahasa pemrograman diajarkan kepada seluruh siswa baik secara berjenjang maupun kelompok peminatan. Dengan ini diharapkan seluruh siswa-siswi tidak lagi gagap teknologi dan dapat unggul nantinya di dunia persaingan global.