Home / Organisasi Siswa

Organisasi Siswa

Organisasi Siswa

osisSebagai wujud dari program pembinaan leadership dan keorganisasian, SMA Unggulan CT Foundation mengembangkan konsep Organisasi Siswa terpadu. Selain diberikan tanggung jawab dan wewenang dalam pengorganisasian kegiatan ekskul di sekolah, para pengurus OSIS juga diberikan amanat dalam membantu pengelolaan kegiatan di asrama. Sehingga terciptalah struktur organisasi yang komprehensif menyentuh semua lini kegiatan siswa. Selain ketua, wakil, sekeretaris dan bendahara, kepengurusan OSIS terdiri dari:

Security & Discipline Department
Language Development Department
Public Relation Department
Religion Department
IT and Broadcasting Department
Education & Scientific Research Department
Library Department
Sport Department
Health & Environment Department
Entrepreneurship Department
National Defence Department
Kitchen Department

Pengurus OSIS berasal dari siswa kelas XI yang dipilih secara demokratis menerapkan konsep pemilu di Indonesia. Calon pasangan ketua dan wakil merupakan utusan dari masing-masing kelas. Mereka membentuk tim sukses sebagai upaya kampanye dan sosialisasi program sebelum diadakan pencoblosan kartu suara.

Pasangan ketua dan wakil ketua OSIS terpilih diberikan wewenang untuk menyusun formasi kepengurusan. Formasi diajukan untuk dirapatkan oleh dewan guru dan disetujui oleh manajemen sekolah. Formasi yang telah disahkan kemudian dilantik dalam prosesi laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS lama dan serah terima jabatan.

Segera setelah dilantik, para pengurus OSIS mengadakan musyawarah kerja membahas tentang program kerja tahun berjalan dan mendapatkan pelatihan leadership dan keorganisasian dari pada guru.

Selain melaksanakan program kerja rutin yang berkenaan dengan kegiatan siswa-siswi, OSIS juga mengadakan kegiatan-kegiatan insidental sebagai respon dari masalah nasional maupun internasional.