Home / Kewirausahaan

Kewirausahaan

Kelas Bisnis

Selain mendapatkan materi kewirausahaan di kelas sebagai bidang studi muatan lokal, siswa juga belajar melakukan kegiatan kelas bisnis pada setiap hari Sabtu dan Minggu. Di kelas ekskul wajib ini, siswa mendapatkan training pengelolaan usaha kecil yang kemudian disusul dengan siswa membentuk kelompok usaha sesuai dengan minatnya masing-masing di bidang agrobisnis, perikanan, keterampilan, pertukangan, tata boga, jasa, retail dan lain sebagainya.

Selain dipasarkan untuk kalangan sendiri, beberapa hasil produksi siswa juga di-supply ke beberapa toko dan warung sekitar sekolah bahkan ke Carrefour. Keuntungan yang diperoleh siswa, sebagian disimpan di Tabungan Siswa (TABSIS), sebagian dijadikan uang jajan dan sebagian lagi dijadikan modal untuk pengembangan usaha.

Dengan terus dimonitoring oleh guru pembimbing, kelas bisnis diharapkan mampu menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan pada diri siswa-siswi sejak dini yang nantinya mereka dapat menjadi entrepreneur-entrepreneur muda sukses yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

 

On Enterprise Job Training

job trainingKegiatan on enterprises job training bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengalaman mengenai dunia kerja pada siswa. Kegiatan magang kerja ini dilaksanakan selama 10 hari pada saat siswa libur semester di PT. Carrefour Indonesia untuk kelas X dan UMKM untuk kelas XI.

Setelah magang, siswa-siswi membuat laporan kegiatan dan dipresentasikan secara kelompok di hadapan para guru pembimbing.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, siswa-siswi dapat memperoleh memperoleh pengalaman kerja praktis di dunia kerja sehingga terbentuk dalam diri siswa-siswi semangat pantang menyerah, disiplin kerja, etos kerja, tanggung jawab kerja serta menyadari bahwa untuk memperoleh sesuatu haruslah dengan usaha dan semangat juang yang tinggi sehingga nantinya akan tumbuh jiwa kewirausahaan dalam diri mereka.