Home / Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler

Selain mengikuti program akademik, siswa juga diwajibkan mengikuti salah satu dari berbagai macam program ekstrakurikuler sekolah yang dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at sore. Kelas dimana siswa melaksanakan kegiatan non akademis ini disebut sebagai Kelas Minat dan Bakat (KMB).
Kegiatan KMB di SMA Unggulan CT Foundation secara umum diarahkan dan dilaksanakan untuk dapat memperkuat pencapaian visi dan misi sekolah dan memberikan kesempatan pada siswa dalam menemukan dan mengembangkan bakat dan minatnya, maka sekolah menyediakan berbagai bidang ekstrakurikuler.

Semua aspek minat dan bakat siswa difasilitasi oleh sekolah, antara lain:

Olah raga

Minat siswa dalam bidang olah raga sangat tinggi, terutama pada club bola voli,  catur, pencak silat, atletik dan tenis meja. Club-club olah raga SMA Unggulan CT Foundation aktif mengikuti berbagai perlombaan olah raga di kota Medan dan dipersiapkan untuk mengikuti O2SN.

Seni dan budaya

exhibitionClub tari tradisional, modern dance, puisi, dan teater SMA Unggulan CT Foundation beberapa kali menyabet juara dalam berbagai event di kota Medan. Di awal berdirinya, sanggar tari CTF langsung mendapatkan juara harapan I pada RAZ competition tahun 2010 dan pada tahun 2012 berkesempatan mengikuti ajang pencarian bakat IMB.

Demikian juga dengan club modern dance, sempat meraih juara II lomba modern dance antar SMP-SMA se-kota Medan di UNIMED tahun 2012 dan beberapa perlombaan lainnya. Tidak kalah dengan club lain, tim teater SMA CTF juga pernah bermain di Merdeka Walk setelah meraih juara I lomba English Drama Contest se kota Medan pada tahun 2011.

Ekskul band, musik, dan vocal juga menfasilitasi siswa dalam mengasah bakat mereka dan terus berlatih guna menyabet kejuaraan-kejuaraan yang ada baik di tingkat regional maupun nasional.

Guna memberi ruang bagi siswa-siswi dalam mengekspresikan karya seni mereka, CT Foundation juga menyelenggarakan Pentas Seni Anak Bangsa setahun sekali. Dana dalam penyelenggaan event akbar ini diakomodir oleh siswa, mereka membentuk kepanitiaan dan mencari donasi dari sponsor dan beberapa perusahaan yang berafiliasi dengan sekolah.

Bela Negara

bela negaraSelain OSIS, organisasi kepramukaan juga memiliki peran penting dalam menkoordinir beberapa kegiatan siswa di sekolah. Kegiatan pramuka dilaksanakan pada setiap hari Sabtu mulai pukul 13.30 – 16.00 WIB. Seluruh siswa-siswi SMA Unggulan CTF wajib menjadi anggota pramuka dengan gugus depan 747-748 ini.

Setelah menyelesaikan SKU, Siswa kelas X dilantik menjadi penegak bantara dan kelas XI menjadi penegak laksana. Kegiatan pelantikan dilaksanakan di bumi perkemahan dengan melibatkan seluruh dewan koordinator, pembina dan mabigus.

Beberapa penegak laksana yang memenuhi kualifikasi, diikutkan dalam Kursus Mahir Dasar (KMD) dan kemudian menjadi pembantu pembina ketika mereka duduk di kelas XII, begitu seterusnya.

Pangkalan SMA Unggulan CT Foundation juga memiliki pasukan elit yang dilatih secara khusus untuk diikutkan dalam perlombaan-perlombaan kepramukaan. Pada tahun 2011, kontingen pramuka CTF berhasil menyabet juara III lomba pramuka penggalang penegak antar boarding school tingkat nasional.

Petugas Keamanan Sekolah (PKS) juga merupakan bagian kegiatan bela negara di CT Foundation. Para petugas secara rutin membantu satuan pengamanan sekolah dalam mengatur lalu lintas kendaraan di depan kampus pada pagi dan sore hari ketika para pegawai dan tamu keluar masuk kampus. Petugas Keamanan Sekolah dilatih dan diawasi secara professional oleh personil TNI dari koramil setempat.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) CT Foundation juga tidak kalah sigapnya dalam membina generasi bangsa membela negara. Anggota pasukan elit ini direkrut dari siswa binaan kelas X dan XI yang mempunyai postur tubuh standar yang kemudian digembleng dengan pelatihan-pelatihan. Dalam upacara peringatan hari besar nasional, pasukan ini selalu tampil memukau.

Bahasa

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar sehari-hari di SMA Unggulan CT Foundation. Siswa-siswi yang mempunyai kecenderungan lebih dalam meningkatkan bahasa Inggris mereka, dapat mengikuti English Community dan Madani Language Course (MLC). Selain mereka mendalami listening, writing dan speaking, mereka juga mempelajari scrabble dan debate sebagai persiapan dalam mengikuti perlombaan-perlombaan.

Setiap hari siswa diberikan dua kosa kata Bahasa Inggris yang wajib mereka catat dan pergunakan dalam percakapan sehari-hari. Siswa yang kedapatan berbicara dengan menggunakan Bahasa Indonesia akan dipanggil ke peradilan bahasa dan ditugaskan untuk menjadi mata-mata disiplin bahasa pada hari selanjutnya.
Guna menunjang pengembangan bahasa, sekolah juga mengundang beberapa native speaker untuk hadir dan bertemu dengan siswa bekerjasama dengan US Embassy dan AMINEF.

Sekolah, dengan dimotori oleh bagian bahasa OSIS juga setiap tahun mengadakan event perlombaan yang berkenaan dengan peningkatan bahasa Inggris siswa, yaitu English Speech Contest dan English Drama Contest among Classes.

Selain bahasa Inggris, SMA Unggulan CT Foundation juga mempunyai tim sastra dan jurnalistik. Mereka aktif dalam pembuatan majalah dinding sekolah, bahkan beberapa karya puisi dan cerpen mereka sering dimuat oleh koran harian lokal.