Home / Berita / Edukasi / Persiapkanlah!!!
Photo Credit : https://goo.gl/images/ep17cT
Photo Credit : https://goo.gl/images/ep17cT

Persiapkanlah!!!

“Nomor absen 28, soal nomor 3 halaman 46!”, teriak Bu Malawati saat membuka kelas Fisika pagi ini. Suaranya membahana di seluruh kelas padahal sepatu hitam berhak 3 cm miliknya baru menyentuh lantai ubin dekat pintu masuk kelas kami, XII IPA-1. Seketika dadaku sesak, jantung serasa akan lompat karena kencangnya berdegup. Dengan langkah terseret, aku maju mendekat ke papan tulis, memaksa jari ini menggenggam kapur tulis putih yang bagiku tampak menyeringai lebar menertawai situasiku saat ini. Aku tertunduk diam, tak mampu menyelesaikan jawaban.

Begitulah selalu Bu Malawati mengawali kelas Fisika setiap pertemuannya. Secara acak dia akan memanggil nomor absen kami untuk mengerjakan soal yang tak pernah mampu kami prediksi nomor soal dan halaman berapa yang akan dia sebutkan. Begitu banyak keluhan dan kekecewaan dari kami terhadap gaya mengajar beliau. Tak jarang kami bersorak senang saat tahu bahwa beliau tak hadir karena izin atau sakit.

Namun, itu semua hanya terjadi di awal saja. Setelah beberapa waktu mengikuti pembelajarannya, kami seakan terlupa dengan ketegangan yang sangat menyiksa saat menunggu jam pelajarannya dimulai, bahkan lama kelamaan kami serasa menikmati masa-masa ketegangan tersebut dan akhirnya sampai pada tahap merindukan sosok beliau manakala ia tak hadir di depan kami saat jadwal mengajarnya.

Belakangan kami menyadari bahwa “shock therapy” yang ia berikan pada kami di setiap mengawali kelas menjadi pemicu kami mempersipakan diri untuk mengahadapi pembelajarannya. Materi pembelajaran dibaca dan dipahami tanpa ada satu kata pun yang terlewatkan, soal-soal dibahas habis secara rinci baik sendiri maupun bersama teman sekelas. Tak ada yang berani “tangan kosong” mengahadapi kelas beliau, semua berlomba menyiapkan diri agar tak terkena “serangan jantung” mendadak saat suara horor beliau mulai berteriak menyebut sebuah nomor absen.

Ingatan

Kemampuan Rata-Rata Mengingat Seseorang

Jika digambarkan berdasarkan diagram di atas, persiapan dalam menghadapi pelajaran yang dilakukan oleh siswa tersebut untuk menghadapi kelas Fisika Ibu Malawati sesuai dengan diagram batang paling kanan (Do) yang akan membuat siswa mengingat materi pembelajaran sebanyak 90%. Dalam persiapan tersebut, siswa melakukan beberapa tahap sekaligus, yakni membaca, mendengar, menulis, dan melakukan.

Selain itu, walau diawali dengan keterpaksaan karena menghindari “shock therapy”, lama kelamaan mempersipakan pembelajaran menjadi seperti kebutuhan yang akhirnya menimbulkan sebuah motivasi belajar yang tadinya berasal dari eksternal menjadi internal, dari dalam diri sendiri. Motivasi internal jauh lebih kuat berpengaruh dalam keberhasilan pencapaian sesuatu.

Untuk itu, sebagai pelajar sebaiknya jalankanlah peran utama kita yakni belajar. Belajar yang tak hanya sekadar belajar. Persiapkanlah segala sesuatu yang diperlukan dalam menghadapi pembelajaran apapun yang akan diikuti. Jangan hadir ke sekolah dengan “tangan kosong”. Persiapan yang baik akan memberikan hasil yang terbaik. Insya Allaah. [4!N]

Check Also

Photo Credit : https://goo.gl/images/mqABD6

HOTS Dalam Matematika

Pembelajaran Matematika menurut permen 22 tahun 2006 tentang standar isi bahwa tujuan mata pelajaran Matematika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *