Home / Berita / Humaniora / Menjaga Keharmonisan Tim Kerja
Photo Credit : https://goo.gl/images/oLGoqo
Photo Credit : https://goo.gl/images/oLGoqo

Menjaga Keharmonisan Tim Kerja

Pada dasarnya individu adalah makhluk sosial yang tidak ada artinya tanpa adanya hubungan sosial dengan lingkungan masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa dalam lingkungan kerja tidak mungkin hanya ada satu pekerja, melainkan pasti ada interaksi sosial antara satu dengan yang lain atau yang disebut juga dengan tim kerja. Keharmonisan dalam tim kerja menjadi satu faktor utama tercapainya tujuan satu institusi yang ada.

Dalam institusi kependidikan misalnya, terdapat beberapa bagian yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan sekolah. Misalnya, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, karyawan, memiliki misi yang sama untuk mencapai tujuan sekolah. Sekolah bertujuan dalam membentuk karakter siswa. Tentu saja tujuan tersebut tidak hanya dilaksanakan oleh satu atau dua bagian saja, melainkan seluruh civitas akademika harus bekerjasama dengan baik untuk mendapatkan tujuan tersebut. Jika ada satu bagian yang tidak memiliki pemahaman yang sama, maka akan sulit dalam membangun karakter siswa. Salah satu cara dalam membentuk karakter siswa adalah dengan membangun jiwa disiplin siswa dan atau membangun jiwa percaya kepada orang lain untuk membantu siswa dalam melaksanakan tugas perkembangannya. Namun jika mayoritas siswa mampu percaya tentang permasalahan pribadinya hanya pada satu pihak saja dan pihak tersebut tidak menyampaikan kepada pihak-pihak yang terkait dengan hal tersebut, maka akan terjadi kesenjangan kinerja yang terjadi diantara civitas akademika dan dihadapan siswa akan terlihat yang mengerti siswa hanya ada satu bagian saja sedangkan bagian lain dianggap sebagai satu hal yang tidak ada kegunaannya.

Setiap bagian dalam institusi sekolah diisi oleh staf yang memiliki potensi masing-masing. Potensi tersebutlah yang diharapkan dapat diaplikasikan dalam membentuk karakter unggul siswa. Terdapat beberapa saran untuk dapat menjaga keharmoniasan dalam bekerja antara satu bagian dengan yang lain.

1.   Meningkatkan rasa kerukunan

Semua individu yang berada dalam satu institusi hendaknya harus memiliki rasa saling menghormati orang lain. Hendaknya ada rasa menghormati terhadap apa yang dilakukan oleh pihak lain selama hal tersebut masih sesuai dengan peraturan yang ada.

2.   Hindari saling menyalahkan

Jika terdapat permasalahan, hendaknya masing-masing bagian melakukan instrospeksi diri sehingga tercipta solusi bersama.

3.   Menghargai orang lain

Rasa saling menghargai menjadi hal penting yang harus dijaga dalam berinteraksi dengan orang lain. Hendaknya dapat saling menjaga perilaku dan lisannya.

4.   Hindari politik murahan

Politik murahan dapat berupa mempengaruhi pihak lain untuk dapat menjadikannya sebagai sesorang yang dapat menentang norma yang ada.

5.   Jangan mengandalkan trik murahan

Jangan menjelek-jelekkan sifat orang lain atau kinerja bagian lain dihadapan orang lain. Hendaknya memberikan pengarahan sesuai dengan norma yang ada sehingga seluruh civitas akadmika dapat membentuk karakter unggul siswa dengan mudah.

6.   Tetap professional

Setiap institusi memiliki tugas pokok yang harus diselesaikan. Maka janganlah mencampuri tugas bagian lain, sehingga terlihat seolah-olah bagian lain tersebut tidak memiliki kinerja yang baik dalam institusi yang ada, ingat saja “kita sama-sama kerja, jadi jaga privasi kerja masing-masing”.

Jadi.. teman-teman yang berada dalam institusi apapun hendaknya menjaga saran-saran diatas agar tercipta tujuan bersama. [IPS]

Check Also

Photo Credit : https://id.linkedin.com/pulse/jangan-takut...

Jangan Takut Curhat Dengan Guru BK, Ini Alasannya

Mungkin sebagian besar dari teman – teman sudah ada yang tahu apa manfaat dari curhat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *