Home / Berita / Saintek / Cara Cepat Membatalkan Polis Asuransi Telemarketing
Photo Credit : https://goo.gl/images/KyChCH
Photo Credit : https://goo.gl/images/KyChCH

Cara Cepat Membatalkan Polis Asuransi Telemarketing

Asuransi memberikan manfaat perlindungan dari resiko-resiko yang ada. Namun, anda juga bisa menghentikannya jika anda tidak lagi membutuhkannya. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara cepat dan mudah bagaimana menghentikan atau membatalkan polis asuransi.

Resiko ketika anda memiliki kartu kredit adalah anda akan menjadi “terkenal”, terutama di kalangan para penjual polis asuransi ataupun para sales forex trading. Meskipun menurut pihak bersangkutan data kita dirahasiakan, namun itulah yang terjadi pada saya. Begitupun juga dengan anda bukan?

Suara rayuan maut telemarketer asuransi ini kadang tidak bisa anda tolak lagi. Persetujuan anda terhadap polis asuransi tersebut akan terekam dalam sistem dan anda tidak bisa lagi menyanggahnya.

Namun, perusahaan asuransi nampaknya fair play dalam hal ini, mereka menyediakan waktu tenggang atau istilahnya disebut sebagai cooling off period kepada nasabah untuk meninjau dan mempelajari lebih lanjut polis yang ada.

Lama masa peninjauan polis berbeda-beda antara satu perusahaan asuransi dengan lainnya, 7 sampai 14 hari sejak polis berlaku atau diterima oleh nasabah. Beberapa perusahaan asuransi memberikan waktu lebih, lebih jelasnya lihat saja pada syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap perusahaan tersebut.

Secara hukum anda masih diperbolehkan untuk membatalkan polis tersebut jika ternyata isinya tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh telemarketer ketika menelfon anda atau anda berubah fikiran dengan berbagai alasan yang ada. Anda berhak mendapatkan kembali premi yang telah anda bayarkan dikurangi dengan biaya administrasi tentunya.

Ingat! Jika anda mengikuti asurasi melalui telemarketing, anda tidak memiliki agen yang bisa anda repotkan setiap saat. Anda harus berjuang sendiri!

Cara Cepat Berhenti dari Asuransi Pada Masa Cooling Off

Biasanya, polis asuransi akan dicetak dan dikirimkan kepada anda setelah pembayaran polis pertama. Setelah anda menerimanya segera mungkin pelajari isinya dengan seksama.

  • Apabila anda mendapatkan beberapa hal yang tidak sesuai dan anda berkeinginan untuk tidak melanjutkan kontrak, segera hubungi pihak perusahaan asuransi melalui costumer service atau call center yang ada.
  • Jika anda tidak mendapatkannya atau tidak bisa terhubung, anda bisa menghubungi kantor cabang di kota anda. Mintalah formulir pembatalan polis untuk dikirimkan ke alamat email anda.
  • Unduh dan print formulir aplikasi tersebut kemudian isi dengan lengkap. Isi dengan menggunakan huruf balok agar dapat terbaca dengan jelas. Biasanya formulir berisi data polis, data diri pemegang polis dan alasan anda membatalkan polis tersebut. Jangan lupa untuk anda tanda tangani dan cantumkan nama di bawahnya.
  • Scan formulir yang telah anda isi tersebut, jika bisa convert ke format pdf kemudian kirimkan melalui email ke alamat email costumer service perusahaan dan tembuskan ke alamat email si pengirim formulir tadi.
  • Informasikan melalui surat elektronik tersebut keinginan anda untuk menghentikan polis dengan alasan yang jelas dan tidak bertele-tele dan mohonlah untuk diproses dengan cepat.

Pengalaman saya, hanya membutuhkan waktu satu hari sampai menerima balasan yang menyatakan bahwa permohonan saya telah disetujui dan polis saya diberhentikan.  Saatnya menunggu pengembalian premi yang telah saya bayarkan selama dua bulan.

Membatalkan Polis Asuransi Setelah Masa Cooling Off Selesai

Jika anda berkeinginan untuk membatalkan polis asurasi setelah cooling off period selesai, saya sarankan anda untuk membaca ulang sekali lagi isi polis. Pelajari dan pertimbangkan keuntungan dan kerugian jika anda menghentikannya.

Soalnya, produk asuransi tertentu terutama yang ada program investasinya akan mengembalikan sebagian premi yang telah anda bayarkan selama ini, namun banyak juga produk lain menyebutkan bahwa premi anda akan hangus tak tersisa.

Ingat! membatalkan pembayaran premi bukan berarti menghentikan polis. Jika anda melakukan hal ini malah anda akan dianggap berhutang premi terhadap perusahaan. Untuk menghentikannya anda harus menghubungi pihak perusahaan dan ikuti prosedur yang ada.

Beberapa produk asurasi memiliki masa kontrak satu tahun dan dapat diperpanjang secara otomatis. Jika anda memiliki produk semacam ini, penting bagi anda untuk mengetahui kapan tanggal pembaruannya. Jika telah datang waktunya anda jangan lanjutkan kontrak maka polis asuransi anda akan berhenti dengan sendirinya.

Kesimpulan dan Saran

Demikian tips dan cara berhenti asuransi. Saya sarankan anda untuk:

  1. Cerdas dalam memilih produk asuransi yang ditawarkan agar tidak terjebak dalam kontrak yang merugikan dan anda tidak mendapatkan manfaat apa-apa.
  2. Carilah agen asuransi yang bertanggung jawab dan ringan tangan membantu permasalahan asuransi anda.
  3. Tegas dalam menentukan sikap, katakan tidak kepada telemarketer jika anda memang tidak sedang membutuhkan proteksi asuransi.

 

Referensi: adviceguide.org.uk

Check Also

67af5664-dbd8-44c3-a32e-1de7d8813725

8 Fitur Google Maps yang Belum Kalian Tahu

Jakarta – Google Maps jadi andalan navigasi masyarakat digital. Jadi tak heran jika aplikasi ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *