Home / Berita / Edukasi / Filosofi Pohon Kelapa
Photo Credit : https://goo.gl/images/RpYcso
Photo Credit : https://goo.gl/images/RpYcso

Filosofi Pohon Kelapa

Ketika kita mendengar kata kelapa tentunya akan terbayang airnya yang segar penghilang dahaga di musim panas. Ternyata buah kelapa berasal dari pohon yang sangat luar biasa. Mulai dari awal tunas akan tumbuh sampai menjadi pohon dewasa yang kokoh. Banyak filosofi yang dapat kita ambil dari pohon kelapa sebagai pelajaran bagi kita manusia yang mau membaca ayat-ayat semesta untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Pertama, keistimewaan pohon kelapa adalah dapat hidup beradaptasi di mana saja. Pohon kelapa dapat tumbuh di tepi pantai yang berair asin, maupun di atas gunung. Buah kelapa yang jatuh ke laut akan terombang-ambing di bawa air laut dan akan terdampar di tempat asing yang jauh dari inangnya namun buah tersebut dapat beradaptasi dengan tetap melanjutkan pertumbuhannya menjadi tunas yang berkembang menjadi pohon dewasa yang kokoh. Hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kita bahwa hidup perlu perjuangan dan adaptasi. Jika diri sudah mampu beradaptasi maka kita akan dapat bertahan menghadapi rintangan sehingga tetap tumbuh dan berkembang dengan perjuangan yang gigih tentunya.

Kedua, pohon kelapa adalah pohon yang kokoh dan kuat, ia tidak akan mudah roboh walau ditiup badai walau batangnya yang tinggi menjulang melambai-lambai diterpa angin kencang karena pohon kelapa memiliki akar serabut yang erat terpancang di tanah. Begitu juga kita, dalam kehidupan sehari-hari, kita harus menjadi manusia yang kuat dan tangguh walaupun menghadapi banyak kesulitan, rintangan dan kesusahan. Tidak mudah berputus asa dan tetap bersemangat dalam menjalani hidup di dunia ini.

Ketiga, pohon kelapa adalah salah satu pohon yang hampir semua bagian pohon ada manfaatnya. Mulai dari air buah kelapa yang tidak hanya penghilang dahaga ketika cuaca panas namun juga mengandung ion yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Daun kelapa yang lidinya dapat bermanfaat sebagai sapu. Batang kelapa yang dapat bermanfaat untuk menjadi papan pembuat rumah. Dari hal ini, kita bisa belajar bahwa menjadi manusia seutuhnya adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Memberikan keberartian bagi orang lain bukan menjadi parasit bagi orang lain serta merugikan orang lain untuk kepentingan pribadi.

Demikianlah beberapa filosofi pohon kelapa yang dapat kita ambil sebagai pelajaran bagi kita untuk menjalani kehidupan ini. Hidup dengan berpegang kepada filosofi pohon kelapa dapat membantu kita menjalani kehidupan yang damai, nyaman, sejahtera dan makmur. Mudah-mudahan alam memberi makna berarti bagi kita. [KH]

Check Also

Photo Credit : https://goo.gl/images/mqABD6

HOTS Dalam Matematika

Pembelajaran Matematika menurut permen 22 tahun 2006 tentang standar isi bahwa tujuan mata pelajaran Matematika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *