Home / Berita / Kabar CTF / Siswa SMAU CTF Ikut Parlemen Remaja di Gedung DPR RI
Syamsuddin Pane (kedua dari kanan) bersama tiga peserta lainnya dari Sumut
Syamsuddin Pane (kedua dari kanan) bersama tiga peserta lainnya dari Sumut

Siswa SMAU CTF Ikut Parlemen Remaja di Gedung DPR RI

Labuhan Deli (CTFNews) – Parlemen Remaja merupakan program pendidikan politik kepada generasi muda yang diamanahkan oleh International Parliamentary Union (IPU), Asosiasi Parlemen Dunia kepada DPR RI. Program ini merupakan program rutin DPR RI yang dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2008. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR kepada generasi muda dalam memberikan pemahaman tentang proses membuat kebijakan publik serta meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi. Adapun tema kegiatan ini yaitu “Peran Parlemen Dalam Menyelamatkan Generasi Muda Dari Ancaman Narkoba”.

Siswa SMA Unggulan CT Foundation terpilih menjadi salah satu dari empat wakil Sumatera Utara yang menjadi peserta Parlemen Remaja 2017 dimana tiga lainnya berasal dari SMAN 4 Medan, SMA Unggul Del, dan Yayasan Soposurung SMAN 2 Balige. Mereka terpilih menjadi 136 peserta terbaik dari 6866 peserta yang berasal dari SMA/SMK/MA seluruh Indonesia yang mendaftar dalam even ini.

Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari mulai 10 s.d. 15 September 2017 yang berlangsung di beberapa tempat di Bogor dan Jakarta diantaranya Wisma DPR Bogor, Balai Rehabilitasi BNN Bogor, dan Gedung DPR-MPR Jakarta.

Sebelum terpilih dan berhak mengikuti kegiatan inti Parlemen Remaja, para peserta mengikuti seleksi terlebih dahulu, dimana setiap peserta mengirimkan esai kepada panitia dan dinilai berdasarkan esai terbaik. Adapun Syamsuddin, siswa kelas XII SMA Unggulan CT Foundation yang terpilih menjadi 136 peserta terbaik mengirimkan esai yang berjudul “Wujud Kemengan Generasi Muda Yang Sesungguhnya”.

Menurutnya, program ini sangat bermanfaat bagi generasi muda dalam hal pendidikan politik dan berdemokrasi. “Saya beruntung bisa mengikuti Parlemen Remaja. Disana saya dapat pelajaran berpolitik dan berdemokrasi. Dalam kegiatan itu para peserta dihadapkan dalam kondisi untuk mengambil sebuah keputusan dalam membuat undang-undang layaknya anggota DPR yang sedang melangsungkan rapat paripurna, seru dan sangat berkualitas”, jelasnya saat dijumpai di kelasnya. [R3Z].

Check Also

Banner PSB 2018

Program Beasiswa Penuh (Full Scholarship) 2018/2019

SMA Unggulan Chairul Tanjung Foundation mengundang putra-putri terbaik Indonesia untuk belajar, menggapai cita-cita, dengan beasiswa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *