Home / Berita / Saintek / Ubuntu VS Windows
Photo Credit : https://www.aplikasipc.com/perbandingan-antara...
Photo Credit : https://www.aplikasipc.com/perbandingan-antara...

Ubuntu VS Windows

Baru-baru ini Microsoft telah meluncurkan Windows 10 yang digembor-gemborkan akan ada beberapa fitur baru yang luar biasa. Hingga saat ini Microsoft masih menjadi satu-satunya sistem operasi yang digemari oleh pengguna tunggal untuk digunakan pada komputer/laptop mereka. Namun, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan mengapa “menurut saya” Ubuntu lebih baik jika dibandingkan dengan Windows yang mungkin akan mengubah pemikiran Anda.

1.   Harga

Saat ini pengguna yang menggunakan Windows 7 atau Windows 8.1 akan mendapatkan Windows 10 secara gratis pada tahun pertama seperti yang telah diumumkan oleh Microsoft. Jika dibandingkan dengan Ubuntu, sistem operasi yang satu ini telah gratis semenjak pertama diluncurkan, dan juga bersifat terbuka (open source) sehingga Anda dapat download Linux Ubuntu secara gratis dan juga legal pastinya kapanpun Anda mau. Anda dapat menggunakan versi Ubuntu sesuai dengan kebutuhan Anda, contohnya Desktop edition atau server edition, semuanya gratis! Sistem operasi Ubuntu rencananya akan tersedia secara gratis selamanya, dan dapat digunakan pada komputer sebanyak yang Anda mau, tanpa harus memikirkan biaya lisensi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Microsoft sudah pasti tidak akan dapat mengalahkan hal yang satu ini.

2.   Instalasi

Ketika Anda menginstall Windows, Anda harus memiliki dan menginstall driver yang diperlukan agar Windows dapat bekerja secara benar pada komputer Anda. Disisi lain Ubuntu, Anda dapat menginstall sistem operasi dengan sangat mudah, ketika instalasi selesai, Anda tidak akan perlu untuk menginstall driver tambahan lagi.

3.   Kostomisasi/Modifikasi

Memodifikasi sistem operasi Windows bukanlah hal yang mudah, kecuali Anda pengguna lanjut atau telah sangat mengenal file sistem Windows. Anda harus benar-benar tau apa yang akan Anda perbuat ketika melakukan modifikasi, atau Anda dapat merusak sistem Windows Anda.

Namun, dengan Ubuntu Anda dapat belajar bagaimana cara memodifikasi Ubuntu Anda dengan mudah agar memiliki tampilan seperti yang Anda inginkan dengan bantuan pencarian Google. Contohnya, Anda dapat mengubah icon pada Ubuntu Anda hanya dengan beberapa klik, sehungga Anda dapat memiliki tampilan desktop yang berbeda-beda sesuai dengan selera Anda. Dan dengan bantuan aplikasi Unity Tweak Tool, Anda dapat menyimpan pengaturan modifikasi Anda, semisal Anda ingin menggunakannya lagi suatu saat.

4.   Keamanan

Pengguna Windows mendapatkan pembaruan keamanan secara berkala, yang menurut saya sangan mengganggu. Apalagi jika dilihat-lihat, pembaruan tersebut sama sekali tidak berguna bagi sebagian pengguna. Dan seperti yang telah Anda ketahui, kini Windows telah dibubuhi Antivirus bawaan yang disebut dengan Windows Defender. Masalahnya, meski ada Windows Defender, namun virus masih dapat menginfeksi komputer Anda dengan sangat mudah, dikarenakan desain dari sistem operasi Windows yang memang sudah seperti itu.

Menurut saya, pada point ini Ubuntu jauh lebih baik ketimbang Windows karena di Ubuntu, masalah-masalah seperti yang telah sampaikan diatas hampir tidak ada, sehingga sebagian server di seluruh dunia masih mengandalkan Linux sebagai sistem operasi sever mereka ketimbang Windows.

5.   Desain

Hal yang satu ini memang menurut pendapat tiap orang dapat berdeda-beda, namun menurut pendapat saya, Ubuntu tetap memiliki tampilan yang lebih cantik ketimbang Windows. Tampilan UI baru yang diluncurkan oleh Microsoft pada Windows 8 menurut saya merupakan tampilan UI untuk komputer paling aneh yang pernah saya temui, penggunaan warna yang kurang tepat dan tepi-tepian tajam pada Windows yang terlihat “kuno” jauh dibandingkan dengan Ubuntu yang jelas menggunakan icon-icon yang cantik dan lebih menarik.

Sumber : https://www.aplikasipc.com/perbandingan-antara-linux-ubuntu-dengan-windows/

 

Check Also

whatsapp

Cegah WhatsApp Menghabiskan Memori Internal

  Setelah melakukan bersih-bersih media files WhatsApp(WA), kamu harus mencegah WA merebut kembali space yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *