Home / Berita / Peluang Usaha / Bisnis Kuliner Online
Photo Credit : https://jarvis-store.com/artikel/7-langkah...
Photo Credit : https://jarvis-store.com/artikel/7-langkah...

Bisnis Kuliner Online

Ada berbagai produk yang dapat dijalankan, baik secara offline maupun online, mulai dari pakaian, peralatan elektronik atau gadget, mainan, hingga makanan. Produk makanan merupakan salah satu jenis produk yang banyak ditemui di pasar online. Maklum saja, seiring dengan kesibukan dan keterbatasan waktu, orang pun memilih berbelanja secara online sehingga dapat menerima barang dengan mudah tanpa keluar rumah. Alasan lainnya, mereka mulai mencari kuliner yang lebih bervariasi, dan hal tersebut dapat dicari dari pembelian secara online, yang memungkinkan pembeli memperoleh barang dari tempat yang cukup jauh atau luar kota sekalipun. Bagi Anda yang sudah tertarik untuk menjual produk kuliner secara online, terutama pada tahun 2017, tetapi bingung mengenai jenis makanan yang akan dijual, ada beberapa pilihan bagi Anda untuk berjualan secara online. Berikut ulasan selengkapnya:

1.   Aneka kue

Produk kue selalu menarik minat berbagai kalangan dan usia, tidak peduli anak-anak ataupun orang dewasa, banyak yang menyukai makanan ini. Makanan ini sering dihidangkan dalam berbagai kegiatan, mulai dari hanya sebagai camilan hingga kudapan pelengkap suatu acara. Anda dapat menyajikan berbagai macam jenis kue dan juga menyajikan tren-tren kue terbaru. Jangan lupa untuk mengemasnya secara menarik karena sangat membantu untuk menunjang penjualan.

2.   Frozen food

Frozen food adalah produk hasil olahan bahan makanan yang sudah dibekukan. Produk yang diolah antara lain ikan, daging, ataupun sayuran. Produk ini cukup banyak digunakan di rumah tangga ataupun untuk memasak dalam berbagai kegiatan lainnya. Tentu saja, dalam proses pengiriman, Anda harus memperhitungkan pengemasan agar dapat sampai ke tangan pembeli dengan kondisi yang masih segar.

3.   Masakan rumahan

Banyaknya aneka makanan yang dijual oleh berbagai restoran dengan jenis beragam, mulai dari makanan lokal hingga mancanegara, terkadang membuat masyarakat bosan dan ingin merasakan makanan rumahan yang khas dan sederhana. Untuk itu, bagi Anda yang merasa mempunyai keahlian dalam memasak makanan rumahan, tak ada salahnya untuk mencoba memasarkan hasil kreasi Anda. Biasanya jenis makanan ini cukup menarik bagi orang yang mencari katering untuk kebutuhan makanan sehari-hari mereka. Bila harus selalu membeli dari restoran, tentu hal tersebut akan menjadi pemborosan, di samping juga membosankan. Dalam hal ini, masakan rumahan dapat menjadi pilihan.

4.   Makanan ringan

Makanan ringan mempunyai pasar yang cukup besar karena meskipun bukan makanan pokok, banyak orang yang memiliki kebiasaan ngemil, dan hal tersebut menjadi potensi besar bagi produk ini. Bila Anda dapat membuat makanan ringan yang khas, maka perluaslah target pasar dengan menjadikan makanan ringan tersebut sebagai oleh-oleh yang dapat dibeli oleh wisatawan untuk diberikan kepada sanak saudara dan teman mereka. Untuk itu, Anda perlu memiliki merek yang unik agar mudah diingat, dan juga kualitas yang terjami

5.   Minuman

Produk kuliner lain yang tak dapat dilupakan adalah minuman. Tentu, makanan akan lebih lengkap bila ditemani oleh minuman yang sesuai. Bukan itu saja, kondisi suhu di Indonesia yang panas juga membuat orang banyak mencari minuman segar untuk menemani aktivitas keseharian mereka. Minuman yang cukup populer di Indonesia adalah teh, kopi, jus, dan aneka variasinya. Anda dapat menjualnya dengan merek dan kemasan yang menarik serta higienis untuk menarik konsumen. Inovasi juga penting sehingga Anda dapat menghadirkan produk minuman yang berbeda dari orang lain dan memberikan berbagai pilihan baru untuk mengatasi rasa jenuh dari konsumen terhadap produk yang sudah ada.

Apa pun jenis kuliner yang Anda pilih, penting untuk tetap memperhatikan kualitas, pengemasan, hingga pelayanan bagi konsumen sehingga produk dapat mereka terima dengan kondisi baik dan mempunyai pengalaman dan kesan yang positif pula mengenai produk Anda. [B3tH]

Sumber :

http://ekonomi.kompas.com/read/2017/01/01/150000926/5.ide.produk.kuliner.yang.potensial.dijadikan.bisnis.di.2017?utm_source=cermati&utm_campaign=partner&utm_medium=readmore

Check Also

Photo Credit : http://jakarta.bisnis.com...

Peluang Usaha Jualan Takjil Selama Puasa

Ketika puasa ramadhan, omset pebisnis kuliner atau jajanan siang hari menurun drastis, namun di sisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *