Home / Berita / Edukasi / Cara Tepat Memelihara Emosi
Photo Credit : SMAUCTF Documentation
Photo Credit : SMAUCTF Documentation

Cara Tepat Memelihara Emosi

EMOSI sangat memegang peranan penting dalam kehidupan individu. Emosi juga akan memberikan warna kepada kepribadian, aktivitas, serta penampilannya dan juga akan mempengaruhi kesejahteraan dan kesehatan mentalnya. Agar kesejahteraan dan kesehatan mental ini tetap terjaga, maka individu perlu melakukan beberapa usaha untuk memelihara emosi-emosinya yang konstruktif. Ada beberapa cara untuk memelihara emosi yang konstruktif, adalah sebagai berikut:

  1. Bangkitkan Rasa Humor. Yang dimaksud rasa humor disini adalah rasa senang, rasa gembira, dan rasa optimisme. Seseorang yang memiliki rasa humor tidak akan mudah putus asa, ia akan bisa tertawa meskipun sedang menghadapi kesulitan.
  2. Peliharalah Emosi-emosi yang Positif, jauhkanlah Emosi Negatif . Dengan selalu mengusahakan munculnya emosi positif, maka sedikit sekali kemungkinan individu akan mengalami emosi negatif. Kalaupun ia memiliki emosi negatif, maka diusahakan emosi tersebut memiliki intensitas yang rendah, sehingga masih bernilai positif.
  3. Senantiasa Berorientasi kapada Kenyataan. Kehidupan individu memiliki titik tolak dan sasaran yang akan dicapai. Agar tidak bersifat negatif, sebaiknya individu selalu bertolak pada kenyataan, apa yang dimiliki dan dapat dikerjakan, serta ditujukan kepada pencapaian sesuatu tujuan yang nyata juga.
  4. Kurangi dan Hilangkan Emosi yang Negatif. Apabila individu telah terlanjur menghadapi emosi yang nagatif, segeralah berupaya untuk mengurangi dan menghilangkan emosi-emosi tersebut. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui: pemahaman apa yang menimbulkan emosi tersebut, pengembangan pola-pola tindakan atau respons emosional, mengadakan pencurahan perasaan, dan pengikisan akan emosi-emosi yang kuat.

Daftar Pustaka

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Check Also

Credit : https://sparkleskills.com/emotional....

Kecerdasan Emosional, Pentingkah…???

Menurut Goleman (2002:34) mengatakan bahwa kecerdasan intelektual (IQ) hanya menyumbang 20% dari kesuksesan, sedangkan 80% …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *