Home / Berita / Humaniora / Menjaga Nama Baik Almamter
Photo Credit : N4nd0
Photo Credit : N4nd0

Menjaga Nama Baik Almamter

Setiap individu yang tamat dari pendidikan formal akan memiliki almamater sekolah pada setiap tingkatnya. Almamater SMP, SMA, tingkat perguruan tinggi, atau tempat bekerja. Pada masa siswa meninggalkan pendidikan SMP, dia berada pada tahap remaja awal, ketika meninggalkan  pendidikan SMA dia berada pada tahap remaja akhir, dan ketika siswa tersebut meninggalkan pendidikan perguruan tinggi dia telah berada pada dewasa madya. Setiap tugas perkembangan tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Ciri yang paling menonjol adalah perubahan emosi pada setiap tahap meninggalkan jenjang pendidikan tersebut.

Sulit menjaga nama baik sekolah atau instansi tertentu. Misalnya saja ada siswa yang telah tamat menjelekkan sekolah tempat pendidikan formalnya di media sosial. Sehingga terlihat oleh masyarakat luas, yang akan memberikan stigma negatif tentang sekolah tersebut. Padahal tidak seharusnya hal tersebut terjadi.  Pemicu utama terjadinya hal tersebut dapat berasal dari sulitnya mengendalikan emosi.

Menjaga nama baik instansti tempat bekerja dari siswa yang telah menyelesaikan pendidikan formalnya, juga dirasa sebagai satu hal yang sulit. Mengapa..? Hal tersebut dikarenakan adanya kondisi emosi yang tidak dapat terkendali dengan baik dan kurangnya rasa syukur.

Oleh karena itu, ada baiknya kita harus dapat mengendalikan emosi dalam menjaga almamater sekolah atau instansi bekerja. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan agar kita dapat menjaga almamater tersebut, adalah sebagai berikut:

1.   Bersyukur

Dimana tempat kita berada disitu lah mungkin tempat yang baik untuk kita, jadi… ya kita hendaknya bersyukur atas nikmat yang ada. Bersyukur mungkin tidak dengan mengucapkan kata syukur dengan berulang kali melainkan dengan perilaku yang dapat menjadikan contoh kepada orang lain.

2.   Jaga Diri

Individu harus dapat menjaga kondisi diri dari hal negatif yang dapat merusak nama baik diri, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jaga diri dapat dilakukan dengan membangun sikap positif diri terhadap suatu hal dan berinteraksi secara baik dengan teman-teman lainnya.

3.   Buat prestasi

Ada yang mengatakan “belajar ketika muda bagai mengukir diatas batu, ketika tua seperti mengukir diatas air”. Artinya banyak lah belajar dan raih prestasi ketika muda dan akan diingat oleh orang banyak dan dapat menaikkan almamater sekolah atau instansi bekerja.

4.   Jaga emosi

Kontrol emosi terletak pada individu masing-masing, caranya dapat dengan memikirkan dahulu efek dari perilaku yang akan dilakukan sebelum melakukan suatu perbuatan atau dengan kata lain berpikir dahulu sebelum bertindak.

5.   Jalin silaturahmi

Silaturahmi saudara adalah salah satu jalan membuka pintu rezeki. Oleh karena itu, hendaknya berusaha menjalin komunikasi positif terhadap guru pada sekolah atau rekan kerja pada instansi tempat bekerja yang terdahulu.

Semoga kita dapat menjaga almamater sekolah atau instansi tempat bekerja dihadapan orang lain. Jika kita tidak dapat memberikan sesuatu yang berarti pada almamater kita hendaknya kita tidak memberikan pandangan jelek orang lain terhadap satu sekolah atau instansi almamater kita.

Check Also

Sumber Photo : http://www.industry.co.id/read/5107/pekan...

Wisata Budaya Sumatera Utara

Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) atau yang dulu lebih dikenal sebagai Medan Fair merupakan suatu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *