Home / Berita / Olahraga dan Seni / Kaligrafi…
Kaligrafi

Kaligrafi…

Apakah anda pernah mendengar istilah kaligrafi?

Kaligrafi merupakan tulisan Arab yang ditulis dengan beberapa guratan dengan memperhatikan unsur artistik dari setiap tulisan. Tulisan tersebut selalu menjadi hiasan seni rupa yang disukai oleh banyak orang. Kaligrafi selalu menjadi suatu seni tulis yang indah dan selalu terdapat di setiap sudut masjid dan hiasan rumah yang didominasi tulisan Allah dan Muhammad. Walaupun diketahui berkembang di jazirah Arab, istilah kaligrafi sebenarnya berasal dari bahasa yunani yaitu καλλι “keindahan” + γραφος “menulis”.

Kaligrafi ditemukan pertama kali di Mesir. Kemudian kaligrafi tersebar ke Asia, Eropa, dan telah mengalami perubahan. Akar kaligrafi Arab (kaligrafi Islam) adalah tulisan hieroglif Mesir (Kanaan, Semit) lalu, terpecah menjadi khat Feniqi (Fenisia) yang terpecah lagi menjadi Arami (Aram) dan Musnad (kitab yang memuat segala macam hadits).

Dalam sejarah peradaban Islam, seni tulis huruf Arab yang isinya berupa potongan ayat Alqur’an atau Hadits Nabi SAW ini mempunyai tempat yang sangat istimewa. Setiap muslim percaya bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh Allah Swt ketika menurunkan Al-qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Bahasa ini juga digunakan dalam seluruh tata peribadatan oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Karena di dalam ajaran Islam lukisan berupa mahluk hidup adalah termasuk sesuatu yang dilarang, maka kaum muslimin mengeskpresikan gairah seninya antara lain lewat seni kaligrafi ini. Karya-karya kaligrafi ini banyak menjadi hiasan di banyak bidang, mulai dari bangunan, koin, seni dekoratif, permata, tekstil, senjata sampai manuskrip.

Kaligrafi menjadi salah satu media dakwah dalam bidang seni sebagai upaya melestarikan dan menyampaikan ayat Al-qur’an. Ada beberapa model Kaligrafi yang berkaedah atau murni, antara lain sebagai berikut:

1.   Naskhi

Tulisan model ini yang turun temurun sejak kelahirannya hingga kini tetap digunakan dalam berbagai penulisan naskah-naskah ilmiyah (kitab), majalah, surat kabar dan lain-lain. Terutama dalam Al Qur’an ataupun Hadits serta kitab Tafsir, Fiqih, Nahwu-Sorof dan sebagainya. Tulisan model ini lah yang banyak tersebar luas ke seluruh permukaan bumi ini. Tulisan ini mudah dikenal dan dipahami, karena disamping bentuknya yang sederhana, luwes juga tidak banyak Variasi.

2.   Tsulutsi

Tulisan tersebut lebih bersifat monumental, terutama dipakai untuk tujuan-tujuan dekorasi dalam dunia mediamasa cetak, buku-buku ilmiyah, dan sekarang banyak dipakai untuk menghiasi tembok-tembok gedung. Tsulutsi kerap digunakan untuk judul-judul, gelar-gelar dan nama-nama penerbitan. Teks buku yang keseluruhannya menggunakan tsulutsi kini sudah tidak ada lagi, karena dipandang lebih pantas untuk corak-corak hiasan.

3.   Rayhany

Pada suatu sumber menyebutkan, bahwa Rayhany berasal dari Naskhi. Namun ditilik dari bentuknya juga bagian dari Tsulutsi dengan lebih banyak diberi variasi. Huruf-hurufnya mempunyai keistimewaan dengan bentuk alif pitusrat, melengkung pada bagian atas huruf.

4.   Diwani

Tulisan ini digunakan pada beberapa abad yang lalu untuk tulisan dewan-dewan (perkantoran) Pemerintahan Islam. Dipergunakan dalam hal-hal yang bersifat seni, seperti judul karangan, nama-nama, brosur dan lain-lain yang menitik beratkan nilai-nilai artistiknya. Bentuknya sangat condong, bersusun-susun saling tumpang tindih , saling bersambungan dan jarang memakai harokat atau baris. Bentuk huruf diperoleh dengan memainkan pena agar menjadi huruf-huruf berekor.

5.   Riq’ah

Riq’ah adalah model yang paling mudah, karena itu paling sering digunakan untuk menulis, disamping penulis dapat menulis dengan cepat juga khoth ini tanpa variasi bahkan banyak penyederhanaan. Titik dua dapat dibentuk menjadi satu garis pendek, gigi-gigi huruf sin dibentuk satu garis, huruf hak di akhir kalimah dibentuk segitiga.

Seiring perkembangan zaman, kaligrafi arab menjadi ajang perlombaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Ada beberapa kategori lomba kaligrafi arab yang memang dilombakan mulai dari tingkat lokal sampai pada tingkat internasional. kegiatan lomba biasa diselenggarakan setiap tahun seperti MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) Cabang Kaligrafi Arab, Cabang Naskah, Cabang Hiasan Mushaf, dan Cabang Hiasan Dekorasi.

Untuk hiasan mushaf biasanya menggunakan sketsa dulu sebelum melakukan pembuatan hasil karya. Ada beberapa sketsa atau desain hiasan mushaf yang menjadi pertimbangan, yang cocok dan sesuai untuk dilombakan. Bahkan, sekarang sudah mulai diadakan lomba dengan kategori Lukis Kaligrafi Arab. Hal ini memang menjadi nuansa tersendiri, sehingga para seniman digiring untuk mengeluarkan bakatnya dan menunjukkan pada dunia bahwa mereka tidak kalah dengan seniman-seniman lain di dunia.

Alat yang dipakai untuk lomba bermacam-macam. untuk hiasan dekorasi biasa menggunakan alat berupa kuas dengan cat akrilick. untuk hiasan mushaf dan naskah biasanya menggunakan alat tulis berupa kayu resem yang dinamakan Khadam atau Kalam.

Betapa indahnya islam, tidak luput untuk melibatkan seni di semua aspek ajarannya termasuk kaligrafi. Semoga melalui kaligrafi ini, semua orang yang memandang dapat memaknai maksud pesan yang dituliskan. [A4N]

Sumber informasi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Kaligrafi

https://www.google.co.id/search?q=kaligrafi&tbm=isch&imgil=OdRNgojNk-tucM%253A%253BtICYv7316xZ73M%253Bhttp%25253A%25252F%25252Fwww.seruni.id%25252Fgambar-kaligrafi%25252F&source=iu&pf=m&fir=OdRNgojNk-tucM%253A%252CtICYv7316xZ73M%252C_&usg=__l1_ESkakPhaSQpBLmhukDp5bf1Y%3D&biw=1366&bih=603&ved=0ahUKEwidrpz-m5nUAhVEo48KHbFFBugQyjcILg&ei=TzwuWd3KKsTGvgSxi5nADg#imgrc=OdRNgojNk-tucM:

http://www.mohlimo.com/11-gambar-kaligrafi-arab-terindah/

http://www.pil-tei.com/history/asal-mula-adanya-kaligrafi-islam/

http://www.senibudaya.web.id/2015/09/sejarah-kaligrafi.html

http://www.seruni.id/gambar-kaligrafi/

 

Check Also

Photo Credit : https://goo.gl/images/tNEzt5

Berguru pada Zidane…

Siapa yang tidak mengenal Zidane? Zidane merupakan satu-satunya pemain sepak bola terbaik yang juga menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *