Home / Berita / Olahraga dan Seni / Bukan Hanya Olahraga, Bernyanyi Pun Sehat
Sumber Photo http://avesaint.blogspot.co.id/
Sumber Photo http://avesaint.blogspot.co.id/

Bukan Hanya Olahraga, Bernyanyi Pun Sehat

Siapa yang tidak suka bernyanyi? Merdu tidaknya suara seseorang, biasanya mereka akan tetap bernyanyi. Dimana pun, kapan pun, dan dalam kondisi apapun, karena bernyanyi adalah cara terbaik mengekspresikan perasaan seseorang. Perasaan sedih, bahagia, rindu bahkan bosan. Bernyanyi dapat melepaskan kebahagiaan maupun kesedihan hati yang tidak dapat kita ekspresikan melalui kata-kata. Hampir setiap orang pasti pernah bernyanyi meskipun hanya di kamar mandi.

Jika bernyanyi merupakan hobi kita, kita dapat meneruskan bahkan mengasahnya. Dapat dilakukan dengan berlatih sendiri, atau bahkan mengikuti paduan suara. Sehingga selain menjadi hobi, bernyanyi juga membantu kita lebih sehat. Karena bernyanyi memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bernyanyi bagi kesehatan

  1. Bernyanyi baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).
  2. Bernyanyi juga dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan seseorang karena aliran oksigen yang lebih lancar ke seluruh tubuh.
  3. Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Latihan vokal melibatkan latihan pernafasan dan latihan pada otot jantung dan paru-paru
  4. Mengurangi Potensi Timbulnya Penyakit. Jangan anggap remeh kegiatan melatih vokal karena ini tidak hanya dapat membuat suara menjadi bagus dan meningkatkan skill bernyanyi tetapi juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya beberapa penyakit seperti batuk, bronkitis dan asma.
  5. Meningkatkan Ketahanan Tubuh. Manfaat bernyanyi bagi kesehatan lainnya adalah mampu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Hal ini terjadi oleh karena saat bernyanyi, tubuh akan mengeluarkan kelenjar yang berfungsi sebagai pertahanan atau antibodi.
  1. Mengurangi Stress. Jika seseorang merasa stress, seringkali mereka akan melakukan kegiatan yang ia senangi misalnya dengan mendengarkan musik atau lagu favorit. Cara ini memang terbukti ampuh untuk mengurangi stress. Alunan musik atau lagu yang menenangkan akan membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih rileks. Saat mendengarkan lagu, cobalah untuk ikut bersenandung.
  2. Membuat Bahagia. Menjadikan bernyanyi sebagai hobi tentu akan mendapatkan manfaat bernyanyi bagi kesehatan secara Bagaimana tidak?! Saat bernyanyi, pikiran akan menjadi lebih santai dan karena melakukan hal yang disukai, maka secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang berfungsi untuk memunculkan perasaan senang atau bahagia.
  3. Membuat Postur Tubuh Lebih Baik. Saat berlatih vokal, biasanya posisi tubuh harus tegak agar pernafasan lancar dan performa saat bernyanyi enak dilihat. Kebiasaan ini jika dilakukan secara rutin, akan membuat postur tubuh menjadi baik, yang biasanya agak bungkuk akan kembali tegak.
  4. Menurunkan Tekanan Darah. Efek menenangkan karena bernyanyi dapat menurunkan darah tinggi, namun perlu diperhatikan dalam memilih lagu yang pas. Sebaiknya nyanyikan lagu-lagu yang bernuansa religi atau yang mengandung lirik perdamaian.

Semakin sering bernyanyi semakin sehat tubuh dan pikiran kita. Namun sesuai kondisi, tempat dan kepentingan akan lebih baik. Bernyanyi untuk memberi dampak yang baik bagi diri kita dan orang lain. Sehingga bukan hanya kita yang sehat, orang lain di sekitar kita pun sehat mendengarkan kita benyanyi.

Referensi

http://informasitips.com/10-manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-yang-mungkin-belum-kamu-ketahui

http://www.kelasmusik.com/11-manfaat-bernyanyi-bagi-kesehatan-yang-harus-anda-ketahui.html

Check Also

Photo Credit : https://goo.gl/images/tNEzt5

Berguru pada Zidane…

Siapa yang tidak mengenal Zidane? Zidane merupakan satu-satunya pemain sepak bola terbaik yang juga menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *