Home / Berita / Humaniora / Membangun Lingkungan Jujur
Sumber Photo https://soulofjakarta.com/index.php....
Sumber Photo https://soulofjakarta.com/index.php....

Membangun Lingkungan Jujur

Katakan yang benar itu benar, walaupun pahit.

Semua orang di dunia ini pasti tidak ada yang suka dibohongi. Namun anehnya, seakan lupa rasa sakitnya dibohongi, dengan mudahnya kita berbuat tidak jujur pada orang lain. Kecenderungan untuk terus bertinjak tidak jujur ini yang akhirnya menimbulkan lingkungan yang tidak lagi menghargai kejujuran. Kejujuran menjadi hal yang langka bahkan hampir punah.

Lingkungan yang tidak jujur akan menimbulkan masalah, mulai dari masalah kecil hingga masalah besar yang sangat merepotkan Negara. Korupsi adalah salah satu masalah yang diakibatkan perilaku tidak jujur pengelola Negara. Masalah korupsi sangat sulit untuk diberantas karena memang telah tebentuk lingkungan yang saling mendukung terjadinya korupsi atau dalam istilahnya telah terbentuk “lingkaran setan”. Sebagai contoh dalam skala kecil korupsi yang terjadi di sekitar kita seperti pungli. Pungli terjadi bukan hanya kesalahan dari penerima pungli itu saja, tetapi juga dari pemberi yang sudah terbiasa ingin dengan cara mudah dan cepat dalam mengurus keperluan administrasi dengan membayar sejumlah uang. Inilah yang dinamakan “lingkaran setan”. Orang yang menentang dan tidak mau mengikuti akan dianggap sebagai orang aneh bahkan dimusuhi.

Jika suatu lingkungan tidak lagi menghargai kejujuran, maka yang dibutuhkan untuk bertahan dalam kejujuran adalah keimanan dan keberanian. Lalu bagaimana peran pendidikan dalam menumbuhkan kejujuran?

Pendidikan, terutama melalui sekolah berperan dalam membentuk karakter peserta didik. Sekolah diharapkan mampu menanamkan perilaku jujur pada siswa. Sekolah harus dapat menghadirkan generasi baru yang berani menegakkan kejujuran dan menggantikan generasi saat ini yang tidak jujur. Jika sekolah berhasil menanamkan sikap jujur pada banyak siswa, diharapkan nantinya mereka dapat menciptakan lingkungan yang jujur dan menghapuskan “lingkaran setan” ketidakjujuran yang ada selama ini.

Langkah kecil yang dapat dilakukan sekolah dalam memupuk perilaku dan sikap jujur pada siswa adalah dengan menindak tegas setiap kecurangan dan menghargai kejujuran yang dilakukan siswa. Salah satu bentuk tindak tegas pada kecurangan adalah dengan melarang keras siswa untuk mencontek, mencontek dijadikan pelanggaran berat dan mendapatkan sanksi yang tegas bagi pelanggarnya. Sekolah juga harus mengapresiasi siswa yang berani jujur dan mau mengakui kesalahannya. Lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang benar-benar menghargai kejujuran dan akan menjadi lingkungan yang dapat memperbaiki Negara ini di masa depan. [adri]

Check Also

Paris Van Sumatera

Romantisme “Parijs Van Sumatra”

Paris, ibukota Prancis, tersohor sebagai ratu darataan Eropa karena peradaban dan kebudayaannya. Jika Bandung diidentikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *