Home / Berita / Olahraga dan Seni / Empat Fakta Unik Saat Main Voli
Sumber Photo http://keprinet.com/2015/08/21/olahraga...
Sumber Photo http://keprinet.com/2015/08/21/olahraga...

Empat Fakta Unik Saat Main Voli

Permainan bola Voli salah satu cabang yang banyak ditemukan dilingkungan masyarakat, baik itu di daerah perkotaan maupun di perdesaan. Bola Voli yang banyak diketahui ini merupakan cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang bertujuan untuk menjatuhkan bola voli ke daerah lawan menggunakan tangan. Jumlah pemain dalam satu regu yakni terdiri atas enam orang. Memang olahraga ini kalah populer bila dibandingkan sepakbola. Namun banyak hal yang tidak kalian ketahui tentang permainan voli. Berikut empat fakta unik yang jarang diketahui saat main Voli.

1.    Awalnya Tak Mudah, Namun Sering Dilatih Pastinya Kamu Akan Bisa Memainkannya

Butuh waktu lama dan kerja keras untuk bisa memainkan permainan bola voli, sedikit orang yang bisa memainkannya. Apalagi kamu baru mencoba olahraga ini pastinya tangan kamu akan merasakan sakit. Maka dari itu tidak hanya teori yang kami perlukan di permainan ini, kami perlu usaha, kerja keras dan pantang menyerah untuk menjadi pemain terbaik di lapangan.

2.   Main Voli Tidak Terpatok Dengan Satu Posisi

Sebenarnya permainan voli tidak terpatok dengan posisi layaknya pemain sepakbola yang harus menjadi bek ataupun penyerang. Setiap pemain voli harus bisa memainkan beberapa peran baik itu saat di depan net atau di posisi belakang. Peran di Voli ada tiga pertama sebagai tosser atau bisa disebut juga pengumpan sekaligus pengatur serangan. Atau bisa memainkan peran spiker atau tugasnya menyemash. Atau libero yang bertugas untuk menerima atau menahan serangan-serangan dari lawan. Karena permainan Voli ini bersifat roling setiap kita melakukan servis maka kita harus siap diposisi depan maupun belakang.

3.   Fakta Unik Lain, Dulu Bola Voli Kerasnya Seperti Bola Basket

Tahukah anda bola yang dimainkan dalam permainan voli adalah bola bagian dalam dari bola basket. Tapi tentu sekarang ini tidak berlaku. Pada 1895, penemu olahraga ini, William G. Morgan, menggunakan bagian dalam dari bola basket sebagai alat olahraga ini agar tidak seberat basket sehingga dapat dimainkan orang-orang yang lebih tua. Bola ini menjadi standar bola voli hingga bola khusus diproduksi oleh Spalding. Dirancang berdasarkan olahraga lain asal Jerman bernama faustball, permainan ini kemudian berganti nama menjadi volley ball.

4.   Smash Jadi Cara Mematikan Lawan Terbaik di Voli

Menyaksikan permainan bola voli memang menghibur, karena semua yang terjadi di dalamnya sangat menegangkan. Namun tentu akan jadi lebih seru lagi kalau kamu bisa bermain voli juga. Dalam permainan voli, ada satu teknik yang biasanya banyak digunakan untuk mencetak skor, yaitu smash. Gerakan yang satu ini memang bisa sangat mematikan. Smash adalah gerakan andalan banyak tim voli untuk memenangkan pertandingan. Setelah membaca fakta-faktanya jadi makin tertarik nggak nih Friends? Jangan lupa siapin perlengkapan volimu terlebih dahulu ya!

Yuk, manfaatkan!

Referensi :

https://www.blibli.com/friends/blog/empat-fakta-unik-yang-pastinya-jarang-diketahui-saat-main-voli/

Check Also

Photo Credit : https://goo.gl/images/tNEzt5

Berguru pada Zidane…

Siapa yang tidak mengenal Zidane? Zidane merupakan satu-satunya pemain sepak bola terbaik yang juga menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *