Home / Berita / Olahraga dan Seni / Manfaat Menari Bagi Tubuh

Manfaat Menari Bagi Tubuh

Seni tari merupakan ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan melalui gerak. Dengan demikian, media geraknya adalah anggota tubuh manusia. Menari bukan hanya menyalurkan  kesenangan semata. Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari kegiatan menari untuk anggota tubuh kita. Menari tidak hanya melakukan gerak saja, melainkan kemampuan  menyelaraskan antara gerak anggota tubuh dengan tempo musiknya. Selain itu juga memberikan manfaat menari bagi tubuh.

1.    Dapat meningkatkan daya ingat manusia

Menurut Dr. Becca Rodriguez dari San Diego Ballet, The Academy of Performing Arts of San Diego, dan San Diego Symphony dalam kompas.com mengatakan, gerakan menari dapat merangsang sel-sel memori otot, yang disebut sel B. Sel tersebut diaktifkan setiap mengulang gerakan saat menari. Penari akan otomatis mengingat koreografi dan melakukan tarian mengikuti irama musik.

2.   Menguragi stress dan depresi

Peneliti studi terkontrol dalam Journal of Applied Gerontology dalam hellosehat.com menemukan bahwa dance berpasangan dan iringan musik dapat membantu untuk mengurangi stres. Selain itu, menurut sebuah studi yang menguji efek menari pada orang-orang yang mengalami depresi, menari dapat meningkatkan semangat. Pasien yang berpartisipasi dalam grup upbeat dance menunjukkan gejala depresi yang sangat sedikit dan juga memiliki semangat yang tinggi.

3.   Mengurangi berat badan

Sebagian wanita mempunyai masalah pada berat badan, banyak juga dari mereka yang melakukan diet dengan cara yang salah, yaitu seperti mengkonsumsi obat-obat diet yang tidak lazim dikonsumsi dan memiliki efek samping pada kesehatannya. Aktivitas menari lebih terasa sebagai hiburan ketimbang berolahraga. Namun, menari selama 60 menit dapat membakar 468 kalori (untuk orang dengan berat 60 kilogram). Angka ini tergolong cukup besar. Bandingkan dengan bersepeda santai untuk waktu yang sama akan membakar 450 kalori. Yang lebih menarik lagi, tubuh akan perlahan terbentuk indah serta menjadi lebih kencang. [EKA LES TARI]

Check Also

Photo Credit : https://goo.gl/images/tNEzt5

Berguru pada Zidane…

Siapa yang tidak mengenal Zidane? Zidane merupakan satu-satunya pemain sepak bola terbaik yang juga menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *