Home / Berita / Olahraga dan Seni / Musik Klasik Perangsang Otak
Sumber : http://www.erfolgkimia.com/2013/....
Sumber : http://www.erfolgkimia.com/2013/....

Musik Klasik Perangsang Otak

Musik dapat mengubah dunia, karna musik dapat mengubah orang, dari yang sedih menjadi bahagia, mengubah orang pesimis menjadi semangat, bahkan mampu membangkitkan kecerdasan seseorang. Menurut David Ewen musik merupakan ilmu pengetahuan dan seni yang memiliki kombinasi nada-nada, baik vokal maupun instrumental, serta harmoni dan ekspresi yang bersifat emosional, merupakan bahasa yang universal, karena musik mampu di mengerti dan dipahami oleh setiap orang dari bangsa apapun di dunia ini..

Musik klasik merupakan salah satu genre musik yang banyak digemari. Musik klasik dapat mempengaruhi siapa saja yang mendengarkannya, dapat membangkitkan perasaan, meningkatkan fungsi otak, dan suasana hati. Beberapa pakar menganjurkan kita untuk menyimak dan memperdengarkan musik klasik, itu karena komposisinya yang sangat lengkap dan harmonis. Gubahan musik klasik akan memberikan efek keseimbangan emosi dan ketenangan.

Dalam berbagai penelitian, manfaat musik klasik memang banyak mempengaruhi kehidupan. Salah satu diantaranya meningkatkan kemudahan penyerapan terhadap materi pelajaran. Sebuah penelitian berjudul Music During Lectures: Will Students Learn Better yang diadakan oleh Université de Caen Basse-Normandie, Prancis bekerja sama dengan German Sport University Köln Jerman, pada tahun 2011 menemukan fakta menarik tentang pengaruh musik klasik terhadap tingkat kecerdasan. Disebutkan bahwa murid-murid yang belajar dengan sekaligus diperdengarkan musik klasik sebagai pengiringnya, ternyata berhasil menyelesaikan beberapa soal yang diajukan lebih cepat daripada siswa yang tidak diperdengarkan musik klasik sama sekali. (academia.edu, 05 November 2016).

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Pimpinan International Brain Academy (IBA) Indonesia, Jong Ren Young mengatakan, “memainkan musik klasik dapat membantu menyeimbangkan fungsi antara otak kiri dan kanan. Penggunaan otak kanan saja tanpa memperhatikan otak kiri tidak akan cukup, terutama berkaitan dengan cara berpikir logis yang dipengaruhi oleh fungsi otak kiri”. Survey menunjukan hasil bahwa, anak-anak yang mengambil pelajaran musik menunjukkan kenaikan umum dalam bidang IQ.

Musik klasik memang bermanfaat. Namun, terkait dengan penelitian musik klasik yang masih akan terus dilakukan, harus disadari bahwa meningkatkan kecerdasan seseorang memerlukan berbagai faktor. [IRMA]

Sumber :

http://www.gurupendidikan.com/7-pengertian-seni-musik-menurut-para-ahli-terlengkap/

https://www.academia.edu/1276346/Music_during_lectures_Will_students_learn_better?auto=download

Septia Salbiah. 2012. Pengaruh Musik Klasik (Karya Wolfgang Amadeus Mozart yang Terdapat Pada Album “The Mozart Effect- Music For Children” Vol.1). Terhadap Konsentrasi Belajar Anak di Dalam Kelas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Check Also

Sumber Photo : http://www.lintasnews.com/7651/musik...

Fakta Unik Tentang Musik

Tahukah Anda bahwa banyak fakta unik tentang musik yang belum diketahui banyak orang. Jika pepatah mengatakan “Tiada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *