Share

 

 

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Kepala SekolahPendidikan merupakan mediasi bagi tercapainya transformasi nilai dan ilmu yang berfungsi untuk membentuk suatu peradaban manusia yang lebih baru meskipun disisi lain pendidikan merupakan wahana untuk mempertahankan tradisi. Pendidikan merupakan upaya pengembangan dan pembinaan seluruh potensi manusia tanpa terkecuali. Karena dengan pengembangan dan pembinaan seluruh potensi tersebut, pendidikan diharapkan dapat mengantarkan manusia pada suatu pencapaian tingkat kebudayaan yang menjunjung hakikat kemanusiaan manusia.

Pendidikan memandang manusia sebagai subyek pendidikan, bukan sebagai obyek yang memilah-milah potensi (fitrah) manusia. Artinya, pendidikan adalah upaya memperkenalkan manusia akan eksistensi dirinya, baik sebagai diri pribadi yang hidup bersama hamba Allah yang terikat oleh hukum normatif (syariat) dan sekaligus sebagai khalifah di bumi.

Oleh karena itu, dengan Visi dan Misinya SMA Unggulan Chairul Tanjung Foundation (CTF) mencoba menjembatani tercapainya transformasi nilai dan ilmu agar manusia dapat mencapai tingkat kebudayaan yang menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan. SMA Unggulan CTF didesain untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi alamiah serta kecerdasan yang ada pada siswa. Siswa dididik dengan gagasan-gagasan besar mereka dan mencintai gasasan besar tersebut, sehingga mereka menjadi intelektual sejati yang memiliki kompetensi extra ordinary people dalam diri dan kepribadiannya.

Dalam penerapan student centered learning, siswa lebih ditekankan kepada pembelajaran berdasarkan high order thinking dimana siswa dilatih untuk menganalisa (analitical thinking), mengevaluasi (evaluation thinking) dan mencipta (creation). Disamping itu, siswa harus mampu berpikir kreatif (divergen) yang menyebar dari suatu titik ke titik-titik kajian lain dengan melibatkan tahapan atau bagian-bagian untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dan juga, siswa harus mampu berfikir kritis (konvergen), menuju ke satu titik fokus permasalahan yang akan diselesaikan.

Dalam proses pembelajaran, guru menerapkan metode dan strategi pembelajaran yang dampaknya dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir merupakan proses keterampilan yang dapat dilatih. Dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif akan merangsang siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir menuju “high level thinking”.

Penerapan pembelajaran di SMA Unggulan CTF dikenal sebagai pembelajaran yang transformatif, aktif, kolaboratif, interaktif, mandiri dengan pendekatan Global Analisis Sintesis Evaluasi Praktik dengan tahapan motivasi, eksplorasi, elaborasi, signifikansi, generalisasi, konfirmasi, dan kreasi diharapkan dapat menghasilkan output yang memiliki kompetensi spritual, intelektual, emosional, leadership, dan entepreneur yang sejati.

SMA Unggulan CTF merupakan lembaga pendidikan boarding school dengan beasiswa penuh berupa biaya pendidikan, kebutuhan sekolah, asrama, makan dan lainnya. Program tersebut tidak hanya sebatas pendidikan menengah tetapi beasiswa sampai ke pendidikan tinggi sesuai dengan kriteria yang di tetapkan CT Foundation. Siswa/i SMA Unggulan CTF berasal dari wilayah di provinsi Sumatera Utara yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, dengan tujuan dapat memutus rantai kemiskinan dari akarnya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Drs. Daulat Siregar, M.Pd., M.Si.

Copyright © 2010-2014 SMA Unggulan CT Foundation. All Rights Reserved. Designed by Ray-studio

VT dan Hymne | Riset | E-learning | Digilib | Redaksi | Merchandise | Mading | Forum Alumni | Webmail | Karir | Kotak Pos | Peta Kampus